Microsoft XNA

XNA adalah sebuah framework dari Microsoft untuk memudahkan developer membangun game untuk PC dan XBOX, dan Zune. Gampangnya, semua buatan Microsoft. XNA juga adalah singkatan dari ‘XNA’s Not Acronymed’.

Beberapa keunggulan XNA adalah:

  1. Gratis.
  2. Portabilitas. Game yang kita buat dengan XNA dapat dijalankan di semua Platform yang mendukung XNA Framework. (Kalau mau  bilang berarti ini hanya untuk windows, pikir lagi! Mono (alternatif open source yang kompatibel dengan .NET) juga akan mendukung XNA.)
  3. Kemudahan. XNA mengurus berbagai kode rutin untuk mengontrol multimedia dan lain-lain, yang merupakan kebutuhan mendasar bagi semua game.
Selain ditujukan untuk pengembangan game-game yang berbasis Windows desktop, XNA Game Studio juga dapat digunakan untuk mengembangkan game yang berbasis console Xbox 360 dan Zune. Sebuah project yang dibuat untuk platform Windows desktop pun dapat dikonversikan ke dalam project Xbox atau zune. Sehingga hal ini sangat memudahkan pengembang yang ingin membuat game multiplatform.
Untuk mendukung promosi dan pengembangan game-game yang berbasis pada XNA Game Studio, Microsoft telah mengadakan kompetisi pengembangan game yang saat ini cukup terkenal yaitu Imagine Cup. Kompetisi tersebut dapat diikuti oleh pelajar baik siswa maupun mahasiswa di dunia. Website resmi kompetisi tersebut adalah http://www.imaginecup.com.
Persiapan untuk membuat game dengan XNA.
  1. Pertama-tama, kau perlu mendownload XNA Game Studio 3.1 dan Visual C# Express Edition dari website ini http://creators.xna.com/en-US/downloads. jangan khawatir, downloadnya gratis.
  2. Install Visual C# terlebih dahulu, lalu baru XNA, karena XNA Game Studio sebetulnya mirip “extension” untuk Visual Studio.
Langkah-langkahnya :
  1. Buka Visual C#, pilih “New Project”
  2. Pilih XNA Game Studio 3.1, lalu Windows Game. Untuk nama project ini saya beri nama “Latihan”. OK!
  3. XNA secara otomatis akan membuat beberapa file dan folder dalam project. Yang pertama kali terbuka untuk di edit adalah Game1.cs
Struktur default game XNA
•Program.cs
•File ini menyimpan Main dari game yang kita buat. Jika kita lihat isinya:
•Kode awal dari file ini simpel, yaitu membuat kelas baru dari Game1 dan menjalankannya. Program.cs ini memberikan kebebasan saat kita ingin mengurus command line code dan semacamnya, juga karena seluruh Game1 tersimpan dalam 1 kelas, jika kita ingin membuat sebuat multi-game atau sub game, file ini adalah tempat mengaturnya.
•Game1.cs
•Game.cs adalah file yang menyimpan kelas yang akan meng-enkapsulasi game yang hendak kita buat. XNA juga sudah mengenerate berbagai prosedur standar yang tinggal kita isi. Penjelasan singkat tiap prosedur:
•Ini adalah prosedur yang akan dilaksanakan sebelum sebuah sesi game dijalankan. Jika kita hendak melakukan inisialisasi variable, kelas, dan semacamnya untuk sebuah sesi game, tinggal kita masukkan disini, dan XNA akan mengurusnya dengan otomatis.
•LoadContent
•LoadContent tempatnya kita men-load berbagai content(grafik, musik, dll) kedalam game. Prosedur ini hanya akan dipanggil saat Game dijalankan pertama kali.
•UnloadContent
•Ada masukan, ada keluaran. UnloadContent adalah kebalikan LoadContent, dimana kita memasukkan kode untuk men-unload content yang seblumnya sudah kita masukkan. Disini tempat kita “bersih-bersih” sebelum, game selesai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s