Membuat Model 3D dengan Blender

Blender

Adalah sebuah aplikasi untuk membangun sebuah gambar bahkan animasi 3D yang bisa di download secara gratis. Blender dirilis sebagai software yang gratisdibawah GNU (General Public License), blender bisa digunakan untuk berbagai system operasi seperti windows, linux, mac OS, FreeBSD, dan OpenBSD. Opensource blender grafis 3D dapat digunakan untuk membangun sebuah model, texture,rigging, simulasi, animasi, rendering, dan membuat aplikasi 3D interaktif seperti video game, film animasi, dan bahkan efek visual. Fitur-fitur Blender termasuk simulasi canggih seperti realistis, tubuh, kain dan dinamika fluida softbody,berdasarkan pemodelan alat-modifier, animasi karakter tools canggih, sebuah bahan berbasis node dan sistem compositing dan Python untuk scripting tertanam. Untuk menjalankan sebuah blender terlebih dahulu menginstal Phyton, phyton ini digunakan sebagai pembawa blender.

Sejarah

Blender dikembangkan sebagai sebuah aplikasi in-house oleh sebuah studio animasi di Belanda yaitu NeoGeo and Not a Number Technologies (NaN). Pembuat utamanya adalah Ton Roosendaal, yang sebelumnya menulis sebuah ray tracer yang disebut Traces for Amiga pada tahun 1989. Nama “Blender” terinspirasi oleh lagu denganYello , dari album Baby.

Roosendaal menemukan NaN pada bulan Juni 1998 untuk mengembangkan dan mendistribusikan program. Program ini awalnya didistribusikan sebagai sharewere sampai NaN bangkrut pada tahun 2002. Para kreditur setuju untuk melepaskan Blender dibawah ketentuan dari GNU General Public License, untuk pembayaran satu kali sebesar ½ 100.000. Pada tanggal 18 Juli 2002, kampanye pendanaan Blender dimulai oleh Roosendaal untuk mengumpulkan sumbangan dan pada tanggal 7 September  2002 diumumkan bahwa dana yang cukup telah dikumpulkan dan bahwa Blender akan di rilis. Yayasan Blender awalnya berhak untuk menggunakan lisensi ganda, sehingga, selain GNU GPL, Blender akan telah tersedia juga di bawah”Blender Lisensi”, yang tidak memerlukan kode sumber mengungkapkan tetapi pembayaran yang diperlukan untuk Yayasan Blender. Namun, pilihan ini tidak pernah dilaksanakan dan dihentikan tanpa batas pada tahun 2005. Saat ini, Blender adalah semata-mata tersedia sesuai dengan GNU GPL.

Fitur

Blender memiliki ukuran instalasi yang relatif kecil dan berjalan pada beberapa platform komputasi populer, termasuk Linux, Mac OS X, dan Windows, juga bisa digunakan pada FreeBSD, IRIX, NetBSD, OpenBSD dan Solaris. Software ini   yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Fitu-fitur yang ada antara lain.

Dukungan untuk berbagai primitif geometris, termasuk polygon meshes , kurvabezier, permukaan NURBS. Serbaguna untuk kemampuan rendering internal dan integrasi dengan YafaRay, sebuah perangkat lunak bebas pelacak sinar.

Pengubah untuk menerapkan efek non-destruktif. Bahasa Phyton untuk pembuatan alat dan prototyping, logika permainan, mengimpordan / atau mengekspor dari format lain, otomatisasi tugas dan alat kustom. Dasar non-linear video / editing audio dan kemampuan compositing. Permainan Blender, sub-proyek, menawarkan fitur interaktif seperti deteksi tabrakan, mesin dinamika, dan programmable logic. Hal ini juga memungkinkan penciptaan berdiri sendiri, real-time aplikasi mulai dari visualisasi arsitektur untukvideo konstruksi. Sebuah node compositor berbasis sepenuhnya terintegrasi dalam pipa rendering.

Menu pada Blender

Pada menu terdapat :

  1. File yang merupakan menu utama untuk melakukan new, open, save, close, setting dan yang lainnya sebagai mana pada program 3D lain
  2. Add digunakan untuk menambahkan objek-objek, seperti kamera, lighting dan objek3D
  3. Timeline digunakan untuk mengatur animasi pada blender
  4. Game berguna untuk memulai scripting program game
  5. Render berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya
  6. Help digunakan untuk melihat bagaimana blender bekerja dan berbagai jawaban untuk pertanyaan dari user
  7. View Port

Pada View Port, terdapat 3 objek, yaitu Cube, Ligthing dan Camera. Secara default, View Port memiliki axis X dan Y. dan didalam view port ini kita bisa melihat project dalam berbagai macam sudut dan dapat mengatur letak dan kamera serta sebagainya

Tool Button

  1. Translate Manipulator Mode : Mempunyai simbol segitiga merah, Pengunaanya bisa dengan menekan Ctrl Alt G, Kegunaannya adalah untuk mengambil objek
  2. Rotate Manipulator Mode : Mempunyai simbol lingkaran hijau, Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt R, Kegunaannya untuk merotasi objek
  3. Scale Manipulator Mode : Mempunyai simbol persegi biru, Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt S, Kegunaannya untuk memperbesar atau memperkecil objek
  4. Transform Orientation : digunakan untuk merubah orientasi saat mentransformasi
  5. Rotating / Scalling Pivot : Mempunyai simbol titik hitam beserta tanda panah, Pivota dalah titik pusat dari suatu objek, secara default pada blender kita menggunakan Median Point

TOOLS PADA BLENDER

Pada blender terdapat beberapa tool untuk membuat objek 3D yaitu :

  1. Modeling : Adalah untuk pembuatan model pada awal 3D
  2. UV Mapping : Adalah untuk memindahkan objek berdasarkan vertexnya
  3. Texturing : Adalah pembuatan textur pada objek bisa dengan meload gambar dari kita  sendiri, ataupun dari bawaan blender.
  4. Rigging : Adalah untuk pembuatan tulang/ bones pada objek
  5. Skinning : Adalah pemberian skin pada objek/ model
  6. Animasi : Adalah pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan timeline.
  7. Particle : Adalah untuk pembuatan particle pada objek / model.Dan untuk simulasi tedapat:
    1. Scripting
    2. Rendering
    3. Compositing
    4. Post production
    5. Game creation.

Keunggulan Blender 3D

  1. Tampilan dan pengunaan yang mudah dipahami dan tertata rapi.
  2. Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
  3. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform.
  4. Blender 3D dapat digunakan pada semua system operasi baik windows, Linux, OS X,FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
  5. Kualitas arsitektur 3D dengan berkualitas yang tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
  6. Mempunyai forum dan komunitas yang dapat membantu kita untuk menyelesaikan project yang di buat.
  7. File yang berukuran kecil.
  8. Terlebih lagi Free atau gratis.

Pengenalan GUI                                                                                                

Keterangan:

  1. Main header: menu utama blender yang terdiri dari file, add, render, dan help.
  2. Viewport: tampilan dari obyek 3d atau obyek lainnya.
  3. Toolbar (T): berisi dari daftar tool yang bersifat dinamis berubah mengikuti konteks obyek
  4. timeline: frame animasi dan instruksi terkait atau untuk sequencer.
  5. Outliner: struktur data obyek blender.
  6. Properties: panel yg berisi instruksi untuk memodifikasi obyek atau animasi.        

Basic Blender Shortcut (from: Hiza Ro)

  1. Memilih obyek: klik kanan
  2. Multiple obyek: shift + klik kanan
  3. Select/Deselect All: A
  4. Tools Shelf Toggle: Shortcut: T  ; Menampilkan Tools Shelf
  5. Menghapus obyek (vertex, edge, face): x
  6. Properties Panel Toggle: Shortcut: N ; Menampilkan Properties Panel
  7. Set Center:  Shortcut: Shift + CTRL + Alt + C ; Gunakan menu ini untuk select Center New, Center Cursor atau ObData to Center
  8. Circle Select:  Shortcut: C ; Untuk seleksi Circle/bundar
  9. Marquee Zoom:  Shortcut: Shift + B, lalu LMB-drag ; Untuk zoom obyek dengan seleksi kotak
  10. Quick Toggle for Vertices, Edges and Faces:  Shortcut: CTRL+TAB ; Dalam edit mode gunakan ini untuk mempercepat perpindahan seleksi
  11. Isolate your Model in 3D:  Shortcut: Alt + B dan LMB-drag ; Lalu, rotasikan di 3D view untuk melihat “3D projection” isolated model. Tekan Alt + B lagi untuk mengembalikan ke posisi normal.
  12. Transform Hotkeys ; G = Move (Grab) ; R = Rotate ; S = Scale ; Alt + G = Reset Position ; Alt + R = Reset Rotation ; Alt + S = Reset Scale
  13. Add: Shift + A
  14. Viewport ala 3ds Max: Ctrl+Alt+Q
  15. Loop Cut (Masuk Edit Mode (Tab)): Ctrl+R

Contoh pembuatan object 3D:

Contoh 1 Bangun 3D sederhana

Sketsa bangun sederhana                                                                                                                       

Proses rendering                                                                                                                                             

Contoh 2 pembuatan android 3d

Sketsa pembuatan android 3D                                                                                                             

Proses rendering                                                                                                                                       

2 thoughts on “Membuat Model 3D dengan Blender

  1. ghoghon 27 Maret 2012 / 6:05 pm

    kelemahan sama kekurangan dari Blender 3D ini apa?

    • Wakhid Prasetya 29 Maret 2012 / 11:55 pm

      Bagi orang awam akan kesulitan untuk menggunakan blender kecuali dia ada tutorial yang mudah dimengerti, di blender untuk plugin – pluginnya masih kurang, fasilitas fitur masih kurang karena blender free, tools – tool di blender biasanya tersembunyi,(perbandingan dengan yang berbayar) terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s