Objek 3 Dimensi

3 dimensi atau biasa disingkat 3D atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer  dan matematika.

Grafika komputer 3D (Inggris: 3D Computer graphics) adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Hasil ini kadang kala ditampilkan secara waktu nyata (real time) untuk keperluan simulasi. Secara umum prinsip yang dipakai adalah mirip dengan grafika komputer 2D, dalam hal: penggunaan algoritma, grafika vektor, model frame kawat (wire frame model), dan grafika rasternya.

Grafika komputer 3D sering disebut sebagai model 3D. Namun, model 3D ini lebih menekankan pada representasi matematis untuk objek 3 dimensi. Data matematis ini belum bisa dikatakan sebagai gambar grafis hingga saat ditampilkan secara visual pada layar komputer atau printer. Proses penampilan suatu model matematis ke bentuk citra 2 D biasanya dikenal dengan proses 3D rendering.

Membuat objek 3 dimensi dapat melalui antara lain menggunakan :

1. Quads

2. Point array

3. Glew

OpenGL, kependekan dari Open Graphics Library, adalah software interface untuk hardware grafis. Dalam OpenGL telah didefinisikan ratusan command yang dapat digunakan oleh programmer grafis untuk membuat objek dan melakukan operasi-operasi yang dibutuhkan untuk menghasilkan aplikasi grafis dua dan tiga dimensi.

OpenGL didesain sebagai interface yang hardware-independent, artinya OpenGL dapat diimplementasikan pada banyak platform hardware yang berbeda. Karenanya, tidak ada command dalam OpenGL untuk melaksanakan tugas pengontrolan window atau pengontrolan input user. Pemrogram harus mengontrol window melalui mekanisme pengontrolan yang dipakai oleh hardware yang dia pakai.

Dengan OpenGL dan library bantuan lain (GLU, GLUT, GLEW, SDL, etc.) untuk windowing serta user input, programmer grafis mampu membuat berbagai aplikasi canggih. OpenGL telah banyak digunakan dalam bidang CAD engineering, simulasi dan pemodelan ilmiah seperti Google Earth, hingga dalam film animasi seperti Jurassic Park.

referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer_3D

http://id.wikipedia.org/wiki/3_dimensi

http://www.indowebster.web.id/archive/index.php/t-29986.html

http://alfalive.wordpress.com/2009/04/10/opengl-standar-grafis-hardware/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s