Semantic Web Technology

Terlebih dahulu perkenalkan pemateri yaitu bapak Daniel Siahaan, beliau lahir di Palembang tahun 1974, latar belakang beliau adalah Sarjana Komputer dari Teknik Komputer ITS, Master in Computer Science from TU Delft, Professional Doctorate in Engineering from TU Eindhoven, sekarang beliau menjadi dosen di Teknik Informatika ITS dan sebagai Secretary of Study Center of ICT and Multimedia ITS.

Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.

Semantic Web

Semantic Web ( Web Semantik ) adalah “web data” yang memungkinkan mesin untuk memahami secara semantik , atau makna, informasi pada World Wide Web. Ini memperluas jaringan hyperlink pada halaman web yang terbaca oleh manusia dengan memasukkan mesin-pembaca metadata tentang halaman yang berada pada web dan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain, memungkinkan agen otomatis untuk mengakses web secara lebih cerdas dan melakukan tugas-tugas atas nama pengguna. Istilah ini diciptakan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web dan direktur dari World Wide Web Consortium (” W3C “), yang mengawasi pengembangan yang diusulkan standar semantic web. Dia mendefinisikan semantic web sebagai ” web data yang dapat diproses secara langsung maupun tidak langsung oleh mesin “.

Tujuan Semantic Web

Tujuan utama dari semantic web adalah mendorong evolusi dari web saat ini dengan memungkinkan pengguna untuk menggunakannya secara maksimal, sehingga memungkinkan mereka untuk mencari, berbagi, dan menggabungkan informasi yang lebih mudah. Manusia mampu menggunakan web untuk melaksanakan tugas-tugas seperti menemukan kata untuk ” folder ” dalam bahasa Irlandia, memesan buku perpustakaan, dan mencari harga yang murah untuk sebuah DVD. Namun, mesin ini tidak dapat menyelesaikan semua tugas-tugas ini tanpa arah manusia, karena halaman web yang dirancang untuk dibaca oleh manusia, bukan mesin. Semantic web adalah visi informasi yang dapat diinterpretasikan oleh mesin, sehingga mesin dapat melakukan lebih dari pekerjaan membosankan yang terlibat dalam menemukan, menggabungkan, dan bertindak atas informasi di web.

Komponen Semantic Web

Semantic web terdiri dari standar dan alat-alat Xml , Xml Schema , Resource Description Framework ( Rdf ), Rdf Schema dan OWL yang diselenggarakan di Semantic Web Stack. The Ontology Web Language Overview menjelaskan fungsi dan hubungan dari masing-masing komponen dari semantic web :

  • Xml menyediakan sintaks unsur untuk struktur konten dalam dokumen, namun tidak ada rekan semantik dengan makna dari konten yang terkandung didalamnya. Xml saat ini bukan komponen penting dari teknologi Semantic Web dalam kebanyakan kasus, seperti sintaks alternatif yang muncul, seperti Turtle. Turtle adalah standar de facto, namun belum melalui proses standarisasi formal.
  • Xml Schema adalah bahasa untuk menyediakan dan membatasi struktur dan isi dari elemen yang terkandung dalam dokumen XML.
  • Resource Description Framework ( Rdf ) adalah bahasa sederhana untuk mengekspresikan model data , yang mengacu ke objek (” sumber daya “) dan hubungan mereka. Sebuah model berbasis RDF dapat direpresentasikan dalam sintaks xml.
  • Rdf Schema memperluas Resource Description Framework ( Rdf ) dan merupakan kosa kata untuk menggambarkan sifat dan kelas Resource Description Framework ( Rdf ) berbasis sumber daya, dengan semantik untuk umum-hierarki sifat tersebut dan kelas.
  • Owl menambahkan kosakata untuk lebih menggambarkan sifat dan kelas: antara lain, hubungan antara kelas (misalnya disjointness), kardinalitas ( misalnya “tepat satu” ), kesetaraan, mengetik kaya sifat, karakteristik sifat ( misalnya simetri ), dan kelas disebutkan.
  • Sparql adalah protokol dan bahasa query untuk sumber data web semantik.

Evolusi Pengguna Internet

New to net user
Adalah orang-orang yang baru “melek” internet. Aktivitas yang dilakukan biasanya hanya browsing-browsing untuk mencari informasi. Pada umumnya sudah memilki situs-situs favorit, yang diketahui dari teman/iklan.

Communications

Pada tahap ini, orang sudah menggunkan internet sebagai sarana komunikasi, baik melalui email, internet messengger (YM, MSN, Google chat, dll). Situs social networking seperti facebook dan friendster merupakan situs wajib, yang digunkan selain untuk berkomunikasi, juga untuk sharing photo dan video.

Services

Pengguna internet pada tahap ini sudah menggunakan internet sebagai suatu services (layanan). Mereka sudah mulai menggunakan Internet Banking, melakukan pemesanan tiket secara online, menghubungi customer service melalui web, dll.

Retail
Belanja online merupakan salah satu hal yang biasa di lakukan pengguna internet pada tahap ini. Selain itu mereka juga seringkali mencari produk yang diinginkan melalui situs iklan baris atau forum jual beli. Situs-situs seperti Amazon, Ebay sudah tidak asing lagi bagi mereka.

Contributor
Ikut memberikan kontribusi adalah kata kunci bagi pengguna internet pada tahap ini. Kontribusi yang diberikan dapat berupa menulis blog, memberikan komentar di blog orang lain, aktif menulis di forum-forum, menulis ulasan suatu produk dan lain-lain. Selain itu beberapa dari mereka juga sudah mulai menggunakan internet sebagai penghasil uang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s