Komputer Grafik Pertemuan II

OpenGL API (Aplication Program Interface)

Opengl adalah suatu spesifik grafik yang low-level yang menyediakan fungsi untuk pembuatan grafik primitif termasuk titik, garis, dan lingkaran. Opengl digunakan untuk keperluan – keperluan pemrograman grafis. Opengl bersifat open source digunakan untuk mendefinisikan suatu objek, baik objek 2 dimensi maupun 3 dimensi. Opengl merupakan suatu antarmuka API yang tidak tergantung pada piranti dan platform yang digunakan sehingga opengl berjalan pada sistem operasi windows, unix dan sistem lainnya.

Opengl pada awalnya digunakan pada bahasa pemrograman C/C++, namun pada perkembangannya Opengl dapat juga digunakan dalam bahasa pemrograman yang lain seperti Java, Tcl, Ada, Visual Basic, Delphi, maupun Fortran.

Opengl melayani dua tujuan :

  1. Untuk menyembunyikan kompleksitas dari interfacing dengan berbagai 3D accelerators, memamerkan oleh programmer dengan satu seragam API.
  2. Untuk menyembunyikan kemampuan yang berbeda dari hardware platform, oleh semua yang memerlukan implementasi penuh fitur opengl set.

Interface : perantara untuk memudahkan pembuat dalam mengoperasikan program aplikasi   untuk membuat suatu program.

Libraries : tools yang didalamnya ada fungsi – fungsi tertentu yang dapat digunakan.

Penggunaan dari OPENGL API diantaranya untuk :

  1. OPENGL untuk arsitektur
  2. OPENGL sebagai mesin
  3. OPENGL sebagai mesin aliran data

Sejarah awal dari Opengl

Pendahulu openGL adalah IRIS GL dari Silicon Grapics. Padamulanya adalah library grafis 2D,yang berefolusi menjasi API program 3D untuk workstation canggih milik perusahaan tersebut. OpenGL adalah hasil dari usaha SGI untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan portable IRIS.

API grafis yang baru akan menawarkan kemampuan IRIS GL tetapi dengan standar yang lebih terbuka,dengan input dari pembuatan hardware lain dan sistem operasi lain,dan akn memudahkan adaptasi ke hardware platform dan sistem operasi lain.

Untuk lebih mempopulerkan openGL SGI mengijinkan pihak lain untuk mengembangkan standart openGL,dan beberapa vendor menyambut hal tersebut dengan membentuk OpenGL Architecture Review Board (ARB) Pendiri openGL adalah SGI,Digital Equepment Corporation,IBM,Intel dan Microsoft,pada tanggal 1 juli 1992 OpenGL versi 1.0 diperkenalkan.

Letak openGL dalam aplikasi gambar di atas pada umumnya ketika aplikasi berjalan program tersebut memanggil banyak fungsi,beberapa yang dibuat oleh programer dan beberapa yang disediakan oleh sistem operasi bahasa pemrograman. Aplikasi windows membuat output pada layar biasanya dengan memanggil sebual API windows yang disebut Graphics Devise Interfase,yang memungkinkan sebagai penulisan teks pada sebuah windows,menggambar garis 2D sederhana dan lainnya.

Implementasi dari openGL mengambil permintaan grafis dari aplikasi dan membangun sebuah gambar berwarna dari grafis 3D,kemudian memberikan gambar tersebut ke GDI untuk ditampilkan pada layar monitor.

IFIPS (1973) membentuk dua komite untuk merancang standart grafis API

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s